Membuat Gambar Ayat Alkitab Sendiri

Di sini saya mau membagikan cara membuat gambar ayat Alkitab sendiri dengan mudah dan cepat. Selain bisa digunakan sebagai wallpaper buat HP sendiri maupun sebagai gambar yang dikirim ke orang lain, ini juga bisa digunakan untuk display picture Whatsapp atau aplikasi sejenis bahkan bisa juga digunakan untuk membuat sticker Telegram, yang akan saya bahas di postingan selanjutnya.

Persiapan membuat gambar

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

Ada 2 aplikasi yang dibutuhkan, yang pertama adalah Alkitab, kalau ingin lebih praktis, gunakan saja Aplikasi Alkitab dan aplikasi lain untuk membuat gambar, yaitu Image Editor/Editor Foto, aplikasi satu ini adalah favoritku untuk membuat berbagai macam wallpaper, gambar animasi dan sebagainya. Di sini yang saya bagikan dengan menggunakan aplikasi Alkitab.   

Memilih Ayat Alkitab

Cari ayat yang mau dijadikan gambar, kotak pencarian di aplikasi bisa digunakan untuk mencari kata dengan cepat, misalnya ‘bersyukurlah’ dan kamu bisa memilih ayat yang kamu mau. Tekan ayat yang dimaksud dan klik 3-titik di pojok dan pilih salin ayat.

Ayat yang disalin dari aplikasi perlu diedit lagi, bentuknya akan seperti teks di bawah ini:

1 Tawarikh 16:34 (TB) Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya. 

http://www.bibleforandroid.com/v/a4f5c78dc32b

Biasanya saya akan menghapus teks berwarna merah dan menyisakan teks berwarna hijau saja.

Membuat alas teks menggunakan Image Editor

Selanjutnya buka aplikasi Image Editor-nya; jika kamu ingin membuatnya tanpa background gambar, pilih lingkaran merah seperti gambar di bawah ini.

Memilih ukuran gambar dan warna latar belakang

Yang perlu diperhatikan di sini adalah jika kamu ingin membuat gambar yang hanya digunakan untuk dibagikan ke teman atau media sosial saja maka kamu bisa membuat ukuran Lebar dan Tinggi-nya terserah, tapi lebih baik ukurannya jangan melebihi yang disarankan (ukuran yang disarankan bisa berbeda seperti di gambar, karena tergantung resolusi layar HPmu). Jika kamu ingin membuat gambar yang akan kamu jadikan sebagai DP WhatsApp, BBM, Telegram atau media sosial lainnya, supaya gambarnya tidak terpotong, ukuran Lebar dan Tingginya haruslah sama, misalnya 640×640, 480×480 atau berapapun, pokoknya nilainya sama. Jika kamu ingin menggunakannya sebagai wallpaper HP atau komputer-mu, kamu harus mengetahui resolusi layar HP/Komputer-mu. Untuk melihat resolusi layar perangkat-mu bisa tanya Mbah Gugel dengan kata kunci “resolusi layar + tipe HP/Komputer”, misalnya resolusi layar samsung galaxy grand 2 atau resolusi layar asus a43sd.

Menggunakan latar belakang warna polos

Untuk mengganti warna latar belakang pilihan-mu, bisa klik kotak background seperti di gambar, ada pilihan 16 juta warna hehe atau kalau kamu tahu kode hex-nya, bisa langsung diisikan kodenya.

Menggunakan latar belakang foto

Buka menu ‘Foto Terbuka’ dan pilih gambar dari galeri-mu. Kalau saya biasanya menggunakan latar belakang berupa pemandangan alam yang saya download dari Pexels atau situs-situs lainnya

Membuat Teks Ayat Alkitab

Setelah alas atau latar belakang teks kita bikin, sekarang saatnya untuk membuat teks Alkitab-nya. Ayat yang telah kamu salin tadi bisa ditempel di atas gambar ini.

Klik tanda “+” di menu lalu klik “Teks” lalu akan muncul beberapa fungsi, seperti gambar di bawah ini.

Mengatur letak dan ukuran teks

  • Lingkaran ungu berfungsi untuk mengatur ukuran teks.
  • Lingkaran hijau berfungsi untuk mengatur warna teks
  • Lingkaran merah untuk mengatur lebar teks dengan alas tulisannya. Cara penggunaannya adalah dengan drag and drop.

Setelah semua diatur sedemikian rupa, tekan tombol bergambar disket untuk menyimpan gambarmu. Setelah itu kamu bisa membagi gambar ayat Alkitab kreasi-mu ke media sosial favoritmu untuk menjadi berkat buat orang lain.

Posted in Android, Aplikasi, Tips and tricks, Tutorial | Tagged , , , | Leave a comment

Liburan ke Sarangan

Posting kali ini mengenai perjalanan refreshing ku ke Sarangan, waktu itu kalau tidak salah tahun 2014 (maaf saya lupa tepatnya) hehe.. Seharusnya saya memposting ini sejak lama, tapi dikarenakan suatu hal, postingnya ditunda. Perjalanan ini merupakan awal travelingku yang menggunakan motor Mio, acara liburan lainnya jika berjarak dekat aku akan juga naik motor juga.

Salah satu bukit di Sarangan

Aku dari Surabaya ke Sarangan naik motor Mio ku. Pagi hari aku berangkat dan sampai di Madiun kira-kira 3,5 jam lalu dari situ aku lanjut ke Sarangan, tapi makan dulu masakan ayam khas daerah setempat di Magetan. Sesampainya di Magetan, aku langsung menuju Losmen milik Pak Karidin. Aku sebelumnya mengetahui losmen ini dari sebuah blog yang menceritakan pengalaman tidur di losmen ini.  Losmennya ada di dalam sebuah gang kecil yang tak tampak di luar. Lokasi tepatnya ada di sini. Kamarnya hanya 2, tapi tempatnya nyaman  walaupun kecil, ada 2 single bed, disediakan juga di tiap kamar kopi, teh dan 1 termos air panas. Tiap kamar ada kamar mandi plus air panas. Kalau tidak salah per malamnya 100 ribu. Buat yang bawa motor, jangan kuatir tiap malam motor dimasukkan ke dalam rumah, jadi lebih aman. Sebelum ke tempat tujuan ada baik telpon dulu pak Karidin-nya 081335115797 buat ketersediaan kamar

Keadaan kamar di Losmen milik Pak Karidin

Suasana di dalam kamar

Malam harinya aku menuju ke danau nya untuk cari sate kelinci, memang enak banget satenya, mungkin 30 biji ku beli hehe. Pada waktu itu per 10 biji-nya cuma 10 ribu

Danau Sarangan

Danau Sarangan yang berkabut

Lagi makan sate kelinci di pinggir danau

Lagi makan sate kelinci di pinggir danau

Biasanya menjelang sore hari kabut akan turun dan hawa dinginpun mulai menusuk, siap-siap jaket.

Posted in Catper | Tagged , , , | Leave a comment

Berlibur ke Batu Secret Zoo

Liburan lebaran tahun 2015 aku jalan-jalan ke Batu, Malang untuk kesekian kalinya. Tujuan utamanya adalah mengunjungi Batu Secret Zoo. Pada waktu perjalanan ke Batu tahun 2014, aku tidak sempat mengunjunginya.  

Berangkat menuju Batu

Paginya aku berangkat menggunakan motorku Mio, perjalanan sekitar 3,5 jam karena aku juga berhenti di spot-spot tertentu untuk ngopi, kayak di depan kebun raya Purwodadi, menikmati kopi sambil melihat mobil lalu lalang hehe. Dari situ lanjut menuju ke Kebun Teh Wonosari tapi gagal dikarenakan terlalu jauh kalau naik motor, sebenarnya sih tahun lalu aku pernah ke kebun teh tersebut naik motor. Perjalananpun kulanjutkan hingga pada akhirnya sampai di Batu, tempat pertama yang terpikirkan adalah cari penginapan dan sudah bisa ditebak, sulitnya minta ampun wkwkwk. Dan setelah mencari-cari tanpa hasil, terus ketemu 1 hotel di Jalan Gajah Mada, hotelnya biasa aja tapi harganya mahal, ya maklum aja aku menginap tepat di waktu hari raya, rapopo lah dari pada rencana liburan gagal hehe.Malam harinya aku hanya melihat keramaian kota saja, rencana sih makan ketan di Pos Ketan yang legendaris di Kota Batu, tapi antrinya minta ampun, yaaa… lain kali aja.

Mengunjungi Batu Secret Zoo

Besok harinya, paginya aku berangkat ke Batu Secret Zoo alias Jatim Park II, tidak lama setelah jam buka aku masuk, maklumlah supaya bisa puas di dalam hehe

Dekat pintu masuk Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo

Batu Secret Zoo

 
Tiket masuk waktu itu adalah 105 ribu

Tiket Masuk Batu Secret Zoo

Tiket Masuk Batu Secret Zoo

Selanjutnya aku keliling melihat hewan-hewan yang langka yang biasa cuma aku lihat di Internet, sekarang aku bisa melihatnya sendiri. Mulai dari yang berada di kandang terutup, ruang terbuka hingga akuarium hewan air maupun reptil.

Tikus raksasa

Giant Rats alias Tikus Raksasa

 

Ikan Pari PolkadotPolkadot Stingray atau Ikan Pari alias Iwak Pe[1]
 

Painted Rock LobsterPainted Rock Lobster, Udang Lobster yang hidup di karang di wilayah tropis.[2]
 

Singa

Singa

 

ImpalaImpala, sejenis kijang dari Afrika Timur dan Selatan.[3]
 

Common ElandAntelop yang berasal dari Afrika Timur dan Selatan.[4]
 

Colombian Cottontop TamarinColombian Cottontop Tamarin atau sejenis monyet kecil yang berasal dari hutan tropis Kolombia[5]
 

Beruang CoklatBrown Bears atau Beruang Cokelat yang banyak hidup di Eurasia Utara dan Amerika Utara.[6]
 

Blacktip Reef SharkBlacktip reef Shark atau Ikan Hiu tropis yang hidup di lautan Pasifik dan Hindia.[7]
 
Ya beginilah hasil foto-foto di Jatim Park 2 alias Batu Secret Zoo. Tempat yang wajib dikunjungi hehe

Rencananya liburan Lebaran tahun 2017, aku mau ke Museum Angkut di kota yang sama. Tunggu saja foto dan ulasannya.
 
Referensi:

  1. Polkadot Stingray
  2. Painted Rock Lobster
  3. Impala
  4. Common Eland
  5. Cotton top tamarin
  6. Beruang Cokelat
  7. Blacktip Reef Shark
Posted in Catper | Tagged , , , , | Leave a comment

TRANSFER DATA MENGGUNAKAN WIFI TANPA INTERNET

Hal yang belum diketahui oleh banyak orang tentang wifi

Kelihatannya kebanyakan orang mengetahui fungsi WiFi adalah media untuk menyambung ke internet, tapi sebenarnya ada fungsi lagi selain itu yaitu untuk mengirim data secara offline / LAN alias tanpa internet, tanpa pulsa/kuota. Biasanya orang menganggap kalau mau mengirim data baik berupa foto, video, musik atau apapun dari perangkat yang satu ke perangkat yang lain akan menggunakan Bluetooth atau kabel data jika menggunakan komputer atau juga menggunakan aplikasi kayak ShareIt atau Xender, tapi nyatanya cukup banyak yang tidak tahu kalau aplikasi tersebut media pengirimannya menggunakan Wi-Fi. WiFi merupakan suatu teknologi mirip Bluetooth. Fungsi Bluetooth yang paling populer adalah untuk mengirim data, digunakan untuk koneksi internet juga bisa tapi lemot. Jika file yang mau ditransfer besar (di atas 10GB) mending menggunakan kabel data, dengan USB minimal versi 2.0. Kalo versi di bawah 2.0 lebih baik menggunakan wifi.

Kecepatan transfer via Wi-Fi

Kecepatan dalam mengirim data antar perangkat tidaklah sama, tergantung dari frekuensi wifi tiap perangkat.
Frekuensi wifi yang digunakan ada 2:
1. 5 GHz = Wi-Fi 802.11 a/h/j/ac
2. 2,4 GHz = Wi-Fi 802.11 b/g/n
Frekuensi (GHz) makin besar makin cepat.
Misal: Galaxy young > Wi-Fi 802.11 b/g/n. Galaxy S5 > Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac

Untuk mengetahui jenis frekuensi Wi-Fi hapemu, ketik aja tipe hp mu di kotak pencarian Google dan kamu bisa melihat di situs situs yang memberikan spesifikasi HP. Jika tidak tahu atau tidak yakin tipe HPmu, masuk Setelan lalu Tentang ponsel, lihat Nomor Model dan masukkan Nomer modelnya di kotak pencarian Google. Biasanya situs GsmArena yang muncul di paling atas, klik aja dan lihat di COMMS.

Misal: Frekuensi 5 GHz bisa mengirim file video ukuran 1GB dalam waktu 5 menit (bandingkan jika dikirim via Bluetooth, saya coba kirim 15MB butuh waktu sekitar 90 detik, jika ukuran data 1GB butuh waktu sekitar 100 menit. Kedua perangkat saya menggunakan Bluetooth versi 4.0, jadi perbandingannya 1:20, jika versinya di bawah ini ya pasti lebih lambat)

Cara mengirim file

Sekali lagi kita akan memanfaatkan aplikasi serba bisa yang bernama Xplore File Manager. Salah satu perangkat penerima atau pengirim file harus terinstal aplikasi ini, tapi diutamakan penerima file yang memasang aplikasi ini, karena folder-folder di HP pengirim file akan terlihat semua, kalau digunakan sendiri sih rapopo.

Sebelumnya, kalau kamu nggak mau repot dan mau memasang aplikasi tambahan, kamu bisa menggunakan aplikasi WI-Fi File Transfer di Playstore, biasanya kedua perangkat harus terinstal aplikasi yang sama. Karena saya tidak suka menginstal aplikasi yang terlalu banyak di HP, apalagi yang fungsinya cuman 1, maka dari itu saya pake Xplore, aplikasi serba bisa.

Untuk perangkat yang terinstal Xplore, aktifkan portable WiFi Hotspot di perangkat dan WiFi servernya klik Start atau klik ikon di dalam bulatan merah, kalau pengen lebih gampang pake widget WiFi Server cuman sekali klik aja. Saya sudah mencoba pasang widget di 3 versi Android; Jellybean, Kitkat dan Marshmallow. Kitkat saja yang tidak bisa. Nanti akan muncul http://192.168.43.1:1111 dicatat dulu, 4 angka warna hijau bisa dikustomisasi sesukamu antara 1024-49151.

xplore_wifi_server

lalu nyalakan WiFi di perangkat satunya dan sambungkan ke hotspot di perangkat tadi (tidak masalah walaupun paket data mati).
Buka browser apapun di perangkat satunya, masukkan ip dan port yaitu 192.168.43.1:1111 lalu akan muncul laman web Xplore, seperti di bawah ini

tampilan_xplore_di_hp_android

Tampilan laman Xplore di HP Android

 

tampilan_xplore_di_komputer

Tampilan laman Xplore di Komputer

Pastikan Akses read-only nya tidak dicentang, buka menu Pengaturan lalu di Opsi berbagi WiFi.
Untuk memunculkan folder ke panel utama tekan SdCard atau ExtSdCard.
Lalu pilih file atau folder yang mau di download, kebalikan untuk meng-upload klik panah biru dan pilih file. Kalo di Android mau download file tekan lama filenya dan pilih Download, kalau ingin mendownload folder, tekan lama foldernya dan pilih Download sebagai Zip. Untuk membuka file Zip di Android, klik file nya biasanya akan muncul tombol extract/ekstrak tekan itu, kalau tidak muncul tombol ekstrak tapi muncul nama file-file yang ada di dalam folder, tinggal di salin saja isinya dan tempel ke tempat lain.

 

 

 

Posted in Android, Aplikasi, Tips and tricks, Tutorial | Tagged , , | Leave a comment

Melacak riwayat keberadaan seseorang melalui Google Maps

Salah satu fitur di Google Maps yang perlu dimiliki oleh para orang tua yang memiliki anak, apalagi kalau anaknya sedikit bandel dan suka keluyuran nggak jelas atau suami/istri /pasangan mungkin yang curiga atau hanya sekedar jaga-jaga pasangannya di-embat orang lain wakakakak. 

Kegunaan utama atau aslinya fitur timeline/linimasa ini adalah untuk menyimpan riwayat/histori tempat-tempat yang anda kunjungi, tapi dalam hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lain yang bersifat Top Secret wkwkwk. 

ss_timeline3

 

ss_timeline4

 

 

Sepanjang pengetahuan saya, orang di negara ini nggak banyak-banyak amat yang menggunakan Google Maps secara rutin apalagi sampai mendalami fitur-fiturnya hehehe jadi kalau anda menggunakan trik ini, agak kecil kemungkinannya untuk ketahuan, ya kecuali kalo yang anda pasangi orangnya paham teknologi yang suka utak atik HP. Anda tidak perlu memasang aplikasi lain, cukup menggunakan aplikasi bawaan yang ada di setiap gadget Android ini.

 

ss_timeline1

 

Yang kamu butuhkan adalah e-mail dan password/kata sandi dari akun Gmail yang terdaftar di smartphone/tablet anak/orang yang mau diawasi keberadaannya dan kamu juga harus mengaktifkan Google Access Location/Akses Lokasi dan Google Location History/Riwayat Lokasi Google di Smartphone/Tablet tujuan. Buka Google Settings/Setelan Google lalu pilih Location/Lokasi. Kalau orang tua sudah sewajarnya nggak masalah mengetahui password anaknya sendiri, kan orang tua yang membelikan HP-nya atau seseorang yang mengetahui kata sandi pasangannya. Anda para pengawas tidak harus memiliki ponsel Android, yaa.. kalau punya sih ya lebih baik. Kalau nggak ada ya ke warnet saja, login ke akun Google tujuan dan menuju ke https://www.google.com/maps/timeline setelah selesai urusan di warnet Jangan Lupa Log Out dari akun Google-mu. Seandainya para pengawas yaitu anda, memiliki ponsel Android, tambahkan saja akun anakmu di Google Maps, buka menu di pojok kiri atas.

Kalau ada seseorang yang tidak memiliki hubungan intim atau keluarga inti yang tanya password e-mail mu, JANGAN PERNAH DIKASIH.

Kalau pengen menghindari pihak-pihak yang tidak berwenang mengutak atik Setelan Google, ada baiknya menggunakan aplikasi tambahan buat mengunci menu Setelan Google. Masuk saja ke Playstore dan masukkan kata app lock di kotak pencarian dan pilih aplikasi pengunci yang anda sukai. 

Untuk mengetahui tempat-tempat mana saja yang telah didatangi buka menu Linimasa/Timeline.

ss_timeline2

 

Selamat berkelana dan menjadi agen rahasia hehehe.

Posted in Android, Aplikasi, Tips and tricks | Tagged , , , | Leave a comment

Cari Judul Film

Cari Info Film secara efektif

Pernahkah kalian mengalami kesulitan pada waktu mau nonton film lama semasa kecil tapi lupa judulnya, lupa artisnya dan cuma mengingat sepenggal-pengal ceritanya? Atau mencari nama artis yang cakep tapi nggak tahu judul filmnya? Saya beberapa kali pernah mengalami hal tersebut. Sebelum Internet se-populer sekarang sangat sulit untuk bisa mencari judul film yang sudah usang. Kali ini Blog Hamie mau membagikan trik untuk mencari judul film atau nama artis favoritmu, sehingga kamu bisa menonton film kenanganmu. Kalau sudah menemukan tinggal mencari link download bajakan-nya dan tonton wkwkwk. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tentu saja browser favoritmu dan mesin pencari favoritmu, di sini saya sudah mencoba Google, Bing, Yahoo Search dan Duckduckgo, semuanya bisa digunakan untuk mencari.

Ada website namanya IMDb yang memiliki database alias gudang yang sangat lengkap yang bisa dijadikan rujukan untuk mencari info film/artis yang kamu butuhkan. Situs IMDb sangat besar, kalau harus mencari sesuatu yang kurang jelas seperti judul atau artisnya nggak tahu pasti kesulitan, sebab tidak mungkin mencari satu per satu, maka dari itu diperlukan trik untuk bisa mencari cepat dan tepat.

 

Mencari Judul Film

Ada beberapa contoh pada waktu saya coba mencari judul film yang tidak saya ketahui.

Waktu itu saya lagi mencari suatu film tentang mesin waktu dan setting-nya di atas kapal induk pada waktu Perang Dunia ke 2, waktu Jepang mau menyerang Pearl Harbor. Waktu itu saya menggunakan 4 kata kunci dalam bahasa Inggris, yaitu world war 2, shiptime machine, japan. Kata kunci harus menggunakan bahasa Inggris, kalau tidak mengerti bisa buka kamus dulu.

Ketik di kotak pencarian (Kata kunci nggak harus berurutan) sebagai berikut: site:imdb.com time machine world war 2 ship japan lalu Cari. Dan ada judul Final Countdown yang keluar, buka link-nya dan cek apa benar itu film yang dimaksud, kalau kurang yakin coba cek di YouTube untuk melihat trailer-nya Dalam hal ini aku mencari film yang benar.

screenshot_site_imdb

Karena saya menggunakan komputer ya beginilah tampilannya, kalau membuka dengan HP akan beda tampilannya, tapi hasil pencariannya tetap sama.

 

Contoh film lama lain yang kucari adalah mengenai kru tank yang ditugaskan di padang pasir dalam perang Rusia lawan Afghanistan, dalam ini saya menggunakan kata kunci site:imdb.com russia desert tank afghanistan

screenshot_site_imdb2

 

Contoh lainnya adalah pada waktu saya mencari nama seorang aktris figuran Hongkong yang cakep punya hehe. Yang saya ingat itu di film-nya Jackie Chan, di film Police Story nggak tahu yang ke berapa dan si aktris tersebut bermain sebagai seorang pramugari. Saya menggunakan kata kunci sebagai berikut site:imdb.com stewardess police story jackie chan dan hasilnya seperti di bawah ini.

screenshot_site_imdb3

Nama yang dimaksud adalah Elvina Kong

 

Demikian trik dari Blog Hamie semoga bermanfaat.

Posted in Film, Tips and tricks | Tagged , , | Leave a comment