X-plore File manager

Aplikasi yang akan menjadi asistenmu dalam me-manage HP-mu

Ada aplikasi bagus yang sudah ku pakai sejak masih menggunakan OS Symbian di HP Nokia-ku N6120 Classic, yaitu X-plore File Manager. Aku suka aplikasi karena ini merupakan pengolah file yang multiguna.

File manager ini memiliki fungsi yang lengkap, termasuk untuk fungsi rooted. Tapi karena HP-ku masih perawan, maka dari itu aku tidak membahas mengenai hal ini, hmm.. karena menurutku rooted Android tidak begitu perlu. Aku lebih suka menggunakan hp dengan maksimal dan mencari trik lain tanpa harus nge-root. Ok kembali ke topik wkwkwk. Ok aku cuma mau membahas fungsi-fungsi yang jarang dibahas orang aja ya, kalau fungsi umum kayak copy, move, paste tahu lah semua.

X-plore dual-pane

Tampilan X-plore dual-pane

Beberapa fungsi X-plore File manager yang ku suka adalah:

Bahasa menu, tergantung dari bahasa telponmu, kalau aku menggunakan Bahasa Inggris

  • Rename, bukan hanya mengganti nama file saja, tapi juga mengganti ekstensi file. Salah satu kegunaannya buat rename ekstensi file adalah untuk menyembunyikan file.
  • Memiliki fungsi dual-pane,  yang bisa membuka 2 windows untuk memudahkan pekerjaan.
  • Create zip files, untuk membuat maupun meng-ekstrak file ZIP.
  • Wifi file sharing, mengirim dan menerima file melalui jaringan wifi tanpa menggunakan internet.
  • Web storage, untuk sinkronisasi langsung dari file manager ke cloud storage, seperti Google Drive,  Dropbox dan sebagainya.
Screenshot fungsi tambahan X-plore

Fungsi-fungsi tambahan

Screenshot rename ekstensi file

Fitur rename ekstensi file

  • Bisa mem-backup aplikasi yang ter-install 
  • Bisa menampilkan sebagian dari folder root Android-mu dan tentu saja men-copy beberapa file media bawaan HPmu misalnya ringtone dengan format ogg dan wallpaper bawaan perangkatmu lalu dipasang di HP merek lain. Tidak perlu khawatir, tidak sengaja menghapus file sistem, karena secara otomatis sistem akan menolak untuk dihapus.
Screenshot folder root

Folder root

Maka dari itu, aku suka banget aplikasi ini karena benar-benar mengerti aku hahaha.

About groverhamie

I love gaming and watching videos
This entry was posted in Aplikasi, Tips and tricks and tagged , . Bookmark the permalink.

6 Responses to X-plore File manager

  1. Pak Lek says:

    saya juga pake tuh apepe…good aja deh…makasih tutur nya…udya saya simpan di otak saya.wasallam.lain kali sekalian jabarin cara dapat internet tanpa pulsa…hehe

    Like

  2. SontoLoyo says:

    wah,saya suka pake xplor.dimana-mana pake.di mall di pasar saya suka.Master tolong cara hasilin duit pake hape dong.lagi bokek nih buat lebaran.Terimasasi brooo….

    Like

  3. Pingback: Menyembunyikan file video di Android | Hamie's Blog

  4. Pingback: Mengganti nada dering BB Android | Hamie's Blog

Leave a Reply

