Menyembunyikan file gambar dan video di Android

Biasanya kita suka koleksi video di Android, baik itu dari merekam sendiri maupun hasil download dari internet atau copy dari tempat lain. Di antara koleksimu biasanya ada video yang bersifat pribadi yang tidak ingin diketahui oleh orang lain. Dulu saya menggunakan aplikasi untuk menyembunyikan video, tapi setelah tahu cara kerja aplikasi itu, saya sudah tidak pernah lagi pake segala, bikin penuh memori aja dan memakan RAM yang lumayan karena berjalan di background.

Di sini saya mau menjelaskan 3 metode untuk menyembunyikan video, gambar, suara, text dan lainnya melalui aplikasi bawaan gadget Android, yaitu File Manager (bahasa menu tergantung pada pengaturan hp-mu). Karena saya memang tidak menggunakan file manager bawaan hp melainkan X-plore File Manager yang memiliki banyak kelebihan, maka saya pun menjelaskannya berdasarkan aplikasi ini. Kalau menggunakan file manager bawaan hanya bisa menggunakan 2 metode saja (kalau hp saya, malah nggak bisa buat file text). Sebelumnya buat dulu sebuah folder baru untuk menyimpan arsip-arsip rahasia-mu hehehe.

    • Menambah titik “.” di depan nama file atau folder video, misal nama aslinya video asik.mp4 diganti menjadi .video asik.mp4

Screenshot nama file belum diganti

Belum di ganti nama

Screenshot nama file sudah diganti

Sudah diganti nama

    • Menambahkan sebuah file .nomedia ke dalam folder di mana kamu menyimpan video-mu, dengan penambahan file ini, Cara membuat filenya dengan membuat text kosong (new text file), lalu hilangkan .txt dan ketik persis menjadi .nomedia dan OK

Screenshot nama file belum diganti

Nama belum diganti

Screenshot nama file sudah di ganti

Nama file sudah diganti

    • mengganti nama (rename) file sesukamu, misal namanya video asik.mp4 bisa kamu ganti menjadi misalnya gila.bener atau mgapmgap

Screenshot ganti nama file 1

Contoh nama file

Contoh ganti nama file

Ini tidak hanya bisa menyembunyikan file video saja, tapi juga file lain. Seperti di gambar; lagu itu file mp3, apk itu file aplikasi, dst.

Screenshot ekstensi file jenis apapun bisa disembunyikan
Untuk membuka dan melihat file video atau gambar tidak perlu mengembalikan nama file seperti sedia kala, tapi cukup klik file yang dimaksud ~akan muncul pilihan “open as” text, image, video, audio~ jika file-mu video klik video, jika lagu klik audio. Dan X-plore saja yang bisa membukanya. File manager bawaan bisa melihat file tapi tidak bisa membukanya.

Screenshot file manager bawaan tidak bisa membaca file

Gagal masuk

Untuk lebih amannya buat nama folder kreatif, seperti di gambar, misal .datasystem dan tentu saja X-plore nya di kasih password juga.
Screenshot dibutuhkan password untuk masuk X-plore

Ok selamat berjuang wkwkwk

Advertisements

About groverhamie

I love gaming and watching videos
This entry was posted in Android, Tips and tricks and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Menyembunyikan file gambar dan video di Android

  1. Pingback: X-plore File manager | Hamie's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s