TRANSFER DATA MENGGUNAKAN WIFI TANPA INTERNET

Hal yang belum diketahui oleh banyak orang tentang wifi

Kelihatannya kebanyakan orang mengetahui fungsi WiFi adalah media untuk menyambung ke internet, tapi sebenarnya ada fungsi lagi selain itu yaitu untuk mengirim data secara offline / LAN alias tanpa internet, tanpa pulsa/kuota. Biasanya orang menganggap kalau mau mengirim data baik berupa foto, video, musik atau apapun dari perangkat yang satu ke perangkat yang lain akan menggunakan Bluetooth atau kabel data jika menggunakan komputer atau juga menggunakan aplikasi kayak ShareIt atau Xender, tapi nyatanya cukup banyak yang tidak tahu kalau aplikasi tersebut media pengirimannya menggunakan Wi-Fi. WiFi merupakan suatu teknologi mirip Bluetooth. Fungsi Bluetooth yang paling populer adalah untuk mengirim data, digunakan untuk koneksi internet juga bisa tapi lemot. Jika file yang mau ditransfer besar (di atas 10GB) mending menggunakan kabel data, dengan USB minimal versi 2.0. Kalo versi di bawah 2.0 lebih baik menggunakan wifi.

Kecepatan transfer via Wi-Fi

Kecepatan dalam mengirim data antar perangkat tidaklah sama, tergantung dari frekuensi wifi tiap perangkat.
Frekuensi wifi yang digunakan ada 2:
1. 5 GHz = Wi-Fi 802.11 a/h/j/ac
2. 2,4 GHz = Wi-Fi 802.11 b/g/n
Frekuensi (GHz) makin besar makin cepat.
Misal: Galaxy young > Wi-Fi 802.11 b/g/n. Galaxy S5 > Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac

Untuk mengetahui jenis frekuensi Wi-Fi hapemu, ketik aja tipe hp mu di kotak pencarian Google dan kamu bisa melihat di situs situs yang memberikan spesifikasi HP. Jika tidak tahu atau tidak yakin tipe HPmu, masuk Setelan lalu Tentang ponsel, lihat Nomor Model dan masukkan Nomer modelnya di kotak pencarian Google. Biasanya situs GsmArena yang muncul di paling atas, klik aja dan lihat di COMMS.

Misal: Frekuensi 5 GHz bisa mengirim file video ukuran 1GB dalam waktu 5 menit (bandingkan jika dikirim via Bluetooth, saya coba kirim 15MB butuh waktu sekitar 90 detik, jika ukuran data 1GB butuh waktu sekitar 100 menit. Kedua perangkat saya menggunakan Bluetooth versi 4.0, jadi perbandingannya 1:20, jika versinya di bawah ini ya pasti lebih lambat)

Cara mengirim file

Sekali lagi kita akan memanfaatkan aplikasi serba bisa yang bernama Xplore File Manager. Salah satu perangkat penerima atau pengirim file harus terinstal aplikasi ini, tapi diutamakan penerima file yang memasang aplikasi ini, karena folder-folder di HP pengirim file akan terlihat semua, kalau digunakan sendiri sih rapopo.

Sebelumnya, kalau kamu nggak mau repot dan mau memasang aplikasi tambahan, kamu bisa menggunakan aplikasi WI-Fi File Transfer di Playstore, biasanya kedua perangkat harus terinstal aplikasi yang sama. Karena saya tidak suka menginstal aplikasi yang terlalu banyak di HP, apalagi yang fungsinya cuman 1, maka dari itu saya pake Xplore, aplikasi serba bisa.

Untuk perangkat yang terinstal Xplore, aktifkan portable WiFi Hotspot di perangkat dan WiFi servernya klik Start atau klik ikon di dalam bulatan merah, kalau pengen lebih gampang pake widget WiFi Server cuman sekali klik aja. Saya sudah mencoba pasang widget di 3 versi Android; Jellybean, Kitkat dan Marshmallow. Kitkat saja yang tidak bisa. Nanti akan muncul http://192.168.43.1:1111 dicatat dulu, 4 angka warna hijau bisa dikustomisasi sesukamu antara 1024-49151.

xplore_wifi_server

lalu nyalakan WiFi di perangkat satunya dan sambungkan ke hotspot di perangkat tadi (tidak masalah walaupun paket data mati).
Buka browser apapun di perangkat satunya, masukkan ip dan port yaitu 192.168.43.1:1111 lalu akan muncul laman web Xplore, seperti di bawah ini

tampilan_xplore_di_hp_android

Tampilan laman Xplore di HP Android

 

tampilan_xplore_di_komputer

Tampilan laman Xplore di Komputer

Pastikan Akses read-only nya tidak dicentang, buka menu Pengaturan lalu di Opsi berbagi WiFi.
Untuk memunculkan folder ke panel utama tekan SdCard atau ExtSdCard.
Lalu pilih file atau folder yang mau di download, kebalikan untuk meng-upload klik panah biru dan pilih file. Kalo di Android mau download file tekan lama filenya dan pilih Download, kalau ingin mendownload folder, tekan lama foldernya dan pilih Download sebagai Zip. Untuk membuka file Zip di Android, klik file nya biasanya akan muncul tombol extract/ekstrak tekan itu, kalau tidak muncul tombol ekstrak tapi muncul nama file-file yang ada di dalam folder, tinggal di salin saja isinya dan tempel ke tempat lain.

 

 

 

Advertisements

About groverhamie

I love gaming and watching videos
This entry was posted in Android, Aplikasi, Tips and tricks, Tutorial and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s