Trik-trik WhatsApp yang jarang diketahui orang

Ok, kali ini saya mau membagikan trik trik WhatsApp yang jarang diketahui orang. Hmm.. Di internet emang banyak trik trik yang bertebaran dan saya di sini saya nggak membagikan trik yang sudah umum, biasanya trik tersebut ada di dalam pengaturan WA atau harus install aplikasi tambahan, okee hehe. Kalo mau melihat trik WA yang umum bisa googling aja trik-trik tersembunyi WA.

Menyimpan Status gambar atau video

menampilkan_file_tersembunyi

Buka File Manager/Manajer File/File Saya, kalau saya menggunakan X-plore File Manager (nama menunya bisa beda, tergantung dari versi Android dan bahasa HP mu) lalu buka Setelan (biasanya di pojok kanan atas) dan tampilkan file tersembunyi, kembali ke menu sebelumnya dan buka Penyimpanan Internal (biasanya menunya di pojok kiri atas) lalu buka folder Whatsapp trus Media trus .Statuses, lha di dalam folder .Statuses itu status gambar/video kontak kamu tersimpan dan pindah aja file yang kamu pengen ke folder lain. Memang sih bisa me-rename .Statuses menjadi Statuses sehingga folder tersebut bisa tertampil di galeri, tapi pada saat kamu men-download status baru, sistem WhatsApp akan membuat folder .Statuses secara otomatis.

Format teks di WhatsApp

hasil_jadi_format_teks_whatsapp

Fitur ini sebenarnya ada di menu WA maupun tersebar di internet secara luas, tapi ada sesuatu yang belum tersebar secara luas, yaitu menggabungkan format teks. Intinya itu menaruh kata atau kalimat di antara * star akan menjadi teks tebal, _ underscore akan menjadi teks miring, ~ tilde akan menjadi teks coret, ` back quote akan menjadi teks monospace atau mono font.

Misalnya *groverhamie* nanti akan menjadi groverhamie, *_hai lagi ngapain?_* akan menjadi hai lagi ngapain? dst. Untuk lengkapnya lihat gambar di atas. Kalau merasa agak kesulitan menulis manual bisa memanfaatkan fitur WA seperti gambar di bawah ini. Misalnya ingin membuat teks miring digabung sama, misalnya teks coret, tandai huruf atau kata yang dimaksud beserta simbol dan ditumpuk sama strikethrough. Harap diingat monospace tidak bisa digabung sama format lain misalnya monospace bold itu tidak bisa. Kalau pengen memformat per huruf seperti gambar di bawah ini monospace harus ditaruh di urutan paling belakang.

memformat_teks-2

Dengan ini chatting di WhatsApp makin menarik.

Melihat Status orang secara diam-diam

Adakalanya kamu pengen melihat status someone tapi sungkan, mungkin aja si dia udah punya gebetan atau bahkan punya bojo wkwkwk, terutama buat yang punya pasangan cemburuan dan ngomelan, ya buat jaga-jaga aja, mungkin hal tersebut terjadi hehe. Intinya kalau kita melihat status dia, si dianya nggak bakalan tau kalo kita melihatnya.

melihat_status_orang_tanpa_ketahuan

Buka Setelan WA (di pojok kanan atas) lalu Akun trus Privasi dan centang seperti di gambar dihilangkan, yaa karena di WA nggak ada pilihan mengubah bahasa, ya kira-kira seperti di gambar oke, di dalam menu itu yang ada centang mencentangnya cuman fitur aja kok. Selain itu fitur ini bisa berfungsi untuk menghilangkan centang biru pada WA mu maupun WA orang yang kamu kirim pesan. Saya tidak menjelaskan lebih lanjut karena trik ini sudah umum. Cari aja di Google, kegunaan read receipt.

Menyalin Status Teks

Pernahkah kalian melihat status teks seseorang, kalimatnya indah dan menarik trus kamu pengen menyalinnya dan mungkin membagikan ke tempat lain? Fitur menyimpan status teks di WhatsApp-nya sendiri memang nggak ada, jadi kita perlu menggunakan cara lain, nggak usah pake aplikasi. Ada beberapa cara, yaitu:

Menggunakan teknologi OCR (Optical Character Recognition), singkatnya meng-scan gambar yang mengandung teks dan menjadi teks biasa yang bisa di-copy.

    • Ambil screenshot status yang mau di scan, lalu masuk ke situs scan gambar dan upload hasil screenshot tadi, jika teksnya selain bahasa Indonesia bisa diganti pilihan ke bahasa yang dimaksud lalu centang checkbox I’m not a robot dan klik Extract Text, tunggu sebentar lalu Download dan pilih text, trus gulir ke bawah dan di situ ada teks salin, tempel dan di edit hapus yang nggak perlu dan simpan atau kirim. Kalau mau menyimpan gimana dong? Simpan clipboard, kalau nggak terbiasa sama clipboard ntar sedikit sulit, mending kirim aja hasil copy-an tadi ke nomor WA-mu sendiri. Lho lho lho gimana dong mengirim ke nomerku sendiri? Klik atau edit link https://api.whatsapp.com/send?phone= nanti link ini akan membawamu ke website WhatsApp.
      masuk_ke_situs_whatsapp

      Gapapa kalo linknya salah tinggal edit link

      edit_url_whatsapp

      Tambahkan nomer hpmu setelah tanda =

      Jadi nanti formatnya persis kayak https://api.whatsapp.com/send?phone=6281000000001, tambahkan kode negara 62 diikuti nomer HP, 0 maupun + nya dihapus. Salah satu tujuannya mengirim ke nomer sendiri adalah buat menyimpan hasil salinan teks, dari pada di simpan di draft SMS.

    • Buat para pengguna Telegram, nggak perlu pake cara pertama, cukup tambahkan robot asisten PhotosetterBot ke chatting-mu dan klik Start. Kirim hasil screenshot-mu di PhotosetterBot trus kamu akan mendapat balasan
      In what format do you want to get your text? Pilih Message dan pesanpun dikirim tinggal salin dan edit lalu tempel atau simpan.tampilan_photosetterbot
    • Jika kamu menggunakan WA-an pake komputer, kamu bisa menyalin status lewat Inspect Element, buka dulu web.whatsapp.com lalu buka status yang mau disalin (biar timer statusnya nggak jalan terus, klik sembarang tempat di address bar) trus klik kanan statusnya dan pilih Inspect, ntar element akan menuju ke tempat yang akan diedit, ter-highlight biru, klik tanda panah di kiri sampe ketemu statusnya trus klik 2x teksnya lalu klik kanan dan copy trus simpan di WA-mu. Tau kan cara nyimpen nya, kalo lupa gulir ke atas ya hehe.

 

salin_status_teks_whatsapp_lewat_komputer

Inspect element emang banyak gunanya, salah satu gunanya juga bisa menampilkan password di balik asterisk, misalnya aja kamu lupa sama password Facebook-mu

Saya baca-baca trik di Internet, kalau menyalin status teks WA melalui komputer, disebutkan buka Web Whatsapp tadi trus langsung copy, udah kucoba nggak bisa, javascript mati pun tetep nggak bisa.

Membaca/melihat status orang tanpa kehabisan waktu

Pernah nggak membaca status atau melihat foto tapi timer statusnya jalan terus, jadi terganggu dong hehe. Caranya tekan dan tahan layar, kalo capek menahan layar terus klik 3 titik di pojok kanan atas.

melihat_status_dengan_tenang

Mengirim pesan kosong

Secara bawaan WhatsApp tidak mengijinkan kita mengirim pesan kosong, pake spasi aja nggak bisa, nggak usah pake aplikasi. Salin blank character di antara tanda seru ”                    ” dan kirim ke teman-temanmu wkwkwk.

mengirim_teks_kosong

Sementara ini cuman bisa kirim ke WA aja, ke tempat lain semacam Telegram atau Facebook, nggak bisa.

Mengirim “emote ukuran besar” di WhatsApp

mengirim_gambar_emote_ukuran_besar

Sebenarnya ini bukan emote melainkan gambar emote yang ku ekstrak dari APK-nya WA hehe. Ok caranya pake Xplore Manager,  aplikasi favoritku sejak waktu masih menggunakan Symbian di HP Nokia. Ok buka Xplore dan klik App Manager, kalo yang dimaksud ngga ada, klik Show dan centang App Manager. Cari Whatsapp-nya, tekan dan tahan dan pilih Open as Zip lalu buka folder res lalu buka folder drawable-nodpi-v4, nah udah keliatan semua emotenya (di versi per 2.18.12 beta ada 2424 biji emote). Kalo mau disalin/copy sebagian atau semua ya terserah ke tempat lain. Ingat ya di copy bukan di move. Kalo di move/pindah nanti aplikasi bisa error, terpaksa install ulang WA.

Meng-kompress gambar atau video

Tujuannya adalah untuk mengecilkan gambar atau video untuk dikirim melalui email, soalnya email reguler nggak ada fitur kompresnya, biasanya untuk urusan kantor, misalnya mau mengirim file hasil foto faktur kek, nota kek kalo ukuran full resolusi misal 2-4mb 1 gambar, si penerima email bisa berkicau, apalagi kalo gambar yang dikirim banyak, wah bisa kehilangan customer nih. Foto hasil jepret kamera pada umumnya tersimpan di folder Camera, di sub folder DCIM. Dari WA ambil fotonya dari kirim ke nomor WA-mu sendiri lalu buka gambarnya baru dikirim via email. Tentu saja nama gambarnya acak, kalo pengen me-rename gambarnya, masuk ke Memori Internal > WhatsApp > WhatsApp Images > Sent. Secara default folder Sent nya WhatsApp tersembunyi dari galeri karena ada file .nomedia yang terus muncul setelah kamu ngirim gambar/video lagi walaupun sudah dihapus. Fungsi file .nomedia untuk mencegah galeri menampilkan isi folder yang bersangkutan. File ini juga cocok dipakai dalam menyembunyikan gambar atau video rahasia loh… Hehehehehe.

Chatting sama nomer sendiri

Kegunaannya apa dong? Latihan gila ya? Wkwkwk. Ya enggak dong. Tujuannya tuh buat menyimpan teks atau tulisan soalnya SMS di Android rasanya udah nggak bisa buat nyimpen kata-kata soalnya udah sistem thread, ayo gulir ke atas lagi, kalo males klik ini aja biar cepet atau juga buat tempat transit buat dikirim ke tempat lain di luar WhatsApp, misalnya kayak kasus yang baru kita bahas tadi. Lho kalo dikirim di luar WhatsApp kan bisa langsung aja, tampilkan gambar di galeri lalu kirim ke mana aja bisa. Iya emang bisa tapi nama file nya kan acak, kalo ga masalah nama file ya lanjut aja mang..

Advertisements

About groverhamie

I love gaming and watching videos
This entry was posted in Android, Aplikasi, PC / Komputer, Tips and tricks and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s